Melalui ADD dan DD Pemdes Lumbe Dorong Perekonomian Masyarakat

0
148

BNET. Pemerintah Desa Lumbe (Pemdes) optimalkan program inovasi melalui anggaran Dana Desa (DD) maupun Alokasi Dana Desa (ADD). Ini dilakukan agar ADD dan DD benar-benar bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Diketahui mata pencaharian masyarakat Desa Lumbe selain petani dan nelayan, juga dikenal dengan usaha jasa dibidang pertukangan dan keterampilan.Olehnya Kepala Desa Jisman Peadja dan Sekertaris Musdar Dalia, melalui ADD dan DD tahun anggaran 2018 ini telah mengalokasikan 70 persen dari anggaran 600 juta untuk mendorong bidang pemberdayaan masyarakat.

Hal itu di ungkap Kades Lumbe Jisman Peadja saat memberikan sambutan pada acara penyerahan bantuan pemberdayaan kepada masyarakat di Balai Pertemuan Umum Desa Lumbe. Kamis (27/12).

“Selain kita melihat potensi yang dimiliki masyarakat, setidaknya ada keseimbangan antar pembangunan infrastruktur dan pertumbuhan ekonomi masyarakat, sehingga pengalokasian dana desa itu oleh Pemerintah Pusat benar-benar sesuai asasmanfaat,” terang Jisman.Sementara, Camat Nambo Nurhaya Hasan, S.Sos, yang didampingi Sekertaris Camat Zubhan Ahmad S.Sos bersama beberapa orang stafnya turut hadir dalam acara penyerahan bantuan Pemberdayaan tersebut.

Dalam sambutannya selaku pimpinan wilayah Camat Nambo, Nurhaya Hasan sangat mengapresiasi pengelolaan dan penggunaan anggaran dana desa oleh Pemdes Lumbe.

Yang mana katanya, kecamatan sudah yang kedua kalinya menyerahkan bantuan pemberdayaan kepada masyarakat Desa Lumbe melalui sumber anggaran yang sama. Hal ini membuktikan bahwa, komitmen Pemdes Lumbe terhadap apa yang telah diprogramkan baik Pemerintah Pusat, Provinsi maupun Kabupaten dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat terjawantahkan sesuai regulasi yang ada.Adapun bantuan pemberdayaan itu di antaranya, mesin perahu 14 unit, mesin pemotong rumput 11 unit, mesin gergaji kayu 6 unit (chain saw-red), kawat duri 1300 buah, bibit pala 2500 pohon, mesin ketam elektrik 8 buah, mesin jahit 3 buah, mesin obras 1 buah, gilingan pres emas 1 buah, dan kompresor angin 3 unit. Olehnya itu Camat Nurhaya berharap kepada masyarakat, agar bantuan yang telah diterima dapat dipergunakan dan dijaga dengan baik.*af

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here