Mengaku Denintel Kodam XIII/Merdeka, Warga Desa Paisubatu  Ditangkap Anggota Kodim 1308/LB

0
319
Foto 1, 2 dan 3, proses pemeriksaan apatat terhadap oknum pelaku yang mengaku Danintel Kodam XIII.**



B-NET. Bertempat di sebuah rumah Kos, Jalan Wahid Hasim Kelurahan Luwuk, Kecamatan Luwuk Kabupaten Banggai, anggota Kodim 1308/LB menangkap salah seorang warga bernama Deyver Enriskel Welong (24). Hal itu karena ia mengaku-ngaku sebagai Denintel Kodam XIII Merdeka.
Deyver Enriskel Welong yang merupakan warga Desa Paisubatu Kecamatan Buko Kabupaten Banggai Kepulauan, ditangkap Kamis (23/8) sekitar jam 09.00 wita oleh Sertu Yusman.
Tersangka TNI gadungan tersebut ditangkap berdasarkan informasi dari masyarakat bahwa ada oknum masyarakat Sipil yang mengaku anggota Denintel Kodam XIII/Merdeka.
Sertu Yusman bersama Praka Jofyan yang menerima laporan tersebut, langsung melakukan penangkapan dan di bawah Ke Koramil 1308-01/Luwuk untuk dimintai keterangan motif atau tujuan tersangka mengaku sebagai Anggota Denintel Kodam Merdeka.
Berdasarkan pengakuan tersangka bahwa tahun 2015 ia pernah mengikuti tes sebagai Anggota TNI-AD Calon Tamtama di Palu, namun gugur dalam tes kesehatan pertama. Setelah mengetahui  dirinya gugur, tersangka langsung kembali ke Luwuk. Sesampainya di Luwuk kepada teman-temannya tersangka mulai mengaku sebagai oknum anggota TNI-AD.
Tersangka mengaku anggota TNI karena merasa malu jika teman temanya mengetahui perihal kegagalanya saat melakukan tes TNI di Palu. Dengan mengaku sebagai TNI tersangka merasa mendapat keuntungan seperti dihargai oleh teman temanya.
Dandim Letkol Inf Nurman Syahreda melalui Danunit Intel Kodim yang juga menjabat Sebagai Pjs. Pasi Intel Kodim 1308/LB, Lettu Inf Dumanauw Lahope saat dihubungi awak media banggainet.com membenarkan peristiwa penangkapan warga sipil yang mengaku anggota TNI tersebut.
“Ia benar yang bersangkutan saat ini telah kami amankan di unit intel kodim dan sedang dalam pemeriksaan untuk mengetahui apa motif pasti tersangka berpura-pura menjadi anggota Denintel Kodam Merdeka”,ujarnya.
Lanjutnya, berdasarkan petunjuk Dandim jika selesai dilakukan pemeriksaan tersangka akan di serahkan kepada pihak kepolisian untuk di proses hukum sesuai aturan yang ada.
“Nanti jika sudah selesai dilakukan pemeriksaan tersangka akan kami serahkan kepihak kepolisian untuk di proses hukum”,tuturnya.
Setelah selesai dilakukan pemeriksaan, sekitar jam 16.00 wita tersangka dibawa menuju Mapolsek Kota yang diterima langsung Kapolsek AKP Agus Waluyo Djati.*(RAM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here