Mengunjungi Sumber Ekonomi Banggai di Menara Megah Bidakara Jakarta

Catatan Abdul Saleh (Ale)

SELASA siang cuaca di langit Jakarta begitu pengap menyengat tubuh seiring sinar mentari menerpa.

Hawa seperti ini sudah menjadi lazim bagi warga mukim di ibukota negara yang terkenal dengan pekatnya folusi asap pabrik dan raung gemuruh kenalpot kendaraan.

Sekalipun demikian hal itu bukan menjadi penghalang hasratku dan rekan seprofesi untuk beranjak menyusuri hiruk pikuknya metropolitan menuju markas sumber penopang nilai APBD Kabupaten Banggai.

Adalah Join Operating Body Pertamina & Medco (JOB Tomori) diketahui bersama bahwa konsersium ini adalah pengelolah Hulu Migas di Banggai yang keberadaanya telah meberi kontribusi besar bagi daerah, utamanya dalam menopang naiknya nilai Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Banggai.

Sebelumnya memang pada Senin pagi sekira pukul 06.43 WIB (49/2/2024) saya mendapat kabar via cat WA dari Relation Section Head JOB Tomori, Ruru Rudianto yang mengundang kami mampir di kantor induk pengelolah Hulu Migas Banggai Ini yang terletak di Menara Bidakara. Komunikasi itu sebagai sambutan dari cat WA saya yang mengabarkan keberadaan kami di Jakarta dalam rangka menghadiri acara Hari Pers Nasional 2024 di Taman Impian Jaya Acol.

Bagi kami jurnalis Kota Luwuk, sosok Ruru CS sudah dianggap sebagai bagian dari keluarga besar dalam lingkup insan pers. Karena memang persahabatan yang terbangun sudah berlangsung bertahun-tahun lamanya dan penuh keakraban melalui bingkai kerjasama media relation mendukung geliat investasi migas di Kabupaten Banggai. Makanya tak heran usai mendapat kabar kami ada di Jakarta,  Bang Ruru sapaan akrab sosok ini spontan menangapi serius seraya melepas rindu dan menguber canda ria yang biasanya berlaku saat mereka bertandang ke Luwuk Banggai.

“Bang Ihksan udah jemput di lobi tuh”, ujar Ruru saat mebalas cat WA saya yang mengabarkan kita sdh berada di area gedung berkapasitas sekira 25 lantai lebih itu.

Berselang 2 menit kemudian sosok lelaki ganteng berbody bugar menyapa dengan penuh keakraban pada kami yang sudah menunggu di lantai bawah.

” Om Ale,  om Sopfyan yuk kita ke dalam, udah di tungguin tuh”, ujar Ihksan

Sosok salah satu personil JOB Tomori yang bertugas di lingkup yang sama dengan Bung Ruru ini,  langsung memandu kami ke lift menuju ruang  Relation Security & ComDev JOB Tomori. Ditempat itu Bang Ruru telah menanti seraya memperkenalkan ke beberapa staf dan kemudian mengajak Kami berdua masuk ke ruangan kerja Relation Comdev Manager JOB Tomori, Visnu C. Bhawono.

Ditempat itu kami berlima terlibat komunikasi akrab layaknya tamu dan tuan rumah yang saling mempertanyakan kabar terkini. Dalam kesempatan itu juga ketiga  kru JOB Tomori ini sesekali menanya kabar rekan-rekan wartawan lain termasuk Ketua PWI Banggai, Iskandar Djiada.

Beberapa saat perbincangan akrab berlalu, Bung Visnu mempersilih kami berdua untuk melihat-lihat situasi kantor yang berada di ruangan lain seraya berkenalan dengan beberapa staf ditempat itu. Usai kemudian kami di giring ke lantai berikut yang lengkap dengan ruang meeting. Saat itu saya dan rekan sejawat diajak bertemu dengan jajaran petinggi JOB Tomori lainnya, namun sayang tidak sempat sebab kala itu mereka lagi dalam posisi meeting internal.

Beberapa saat dari ruangan kerja mereka yang berbeda-beda lantai itu, kami diberikan souvenir layaknya tamu lain yang berkesempatan melakukan kunjungan di kantor K3S dalam pengawasan SKK migas yang ditunjuk pemerintah pusat ini.

Usai dari tempat itu Bung Ihksan dan Bung Ruru yang ikut dipersilih Visnu mengajak kami berdua nyantai di salah satu caffe faorit yang ada di area Menara Bidakara.

Beragam cerita di uber, mulai dari program CSR yang yang mendukung perekonomian masyarakat hingga pada hal lain yang bermanfaat bagi masyarakat di Kabupaten Banggai.

Tak terasa oleh kami pembicaraan itu telah menyita waktu semenjak sore hingga malam, karena memang suasana diiringi canda tawa layaknya kawan sejati yang baru bertemu lagi.

Saatnya pukul 20.00 WIB kami harus berpamitan untuk kembali ke hotel guna mempersiapkan diri balik ke tempat kegiatan Hari Pers Nasional di area Putri Duyung Ancol.

Hingga pada akhir cerita pertemuan itu,  tiada kata yang bijak untuk dikemukakan, selain berterima kasih atas kesempatan dan waktunya dalam menerima kunjungan silatuhrahmi kami kepada seluruh kru JOB Tomori di Tower Bidakara. **

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button