Panwaslu Tingsel Gelar Sosilaisasi Ajak Masyarakat Menjadi Pengawas Pemilu Partisipatif

BANGKEP, BANGGAINET.COM- Melalui tema Bawaslu Bagalal, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Tinangkung Selatan Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep) menggelar sosialisasi Pengawasan Pemilu Partipatif kepada masyarakat tentang pentingnya memerangi politik uang pada perhelatan pemilu 2024.
Sosialisasi itu, bertempat di Balai Desa Tinangkung Kecamatan Tinangkung Selatan, Senin (2/12/22).
Ketua Panwaslu Tingsel Aspar Baco mengatakan bahwa pengawasan pemilu itu, bukan hanya dilakukan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) ataupun Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) tetapi harus seluruh elemen masyarakat untuk bisa bersama-sama mengawasi jalanya pemilu agar proses pesta Demokrasi di Indonesia tahun 2024 tidak dinodai dengan maraknya politik uang, politisasi sarah dan politik Identitas.
“Banyak yang bilang pengawasan pemilu itu hanya tugasnya Panwalu ataupun Bawaslu, Padahal tugas kita semua sebagai warga negara yang punya hak pilih untuk dapat mengawasi agar proses demokrasi kita bisa lebih baik, dengan tidak melakukan politik uang,”ujar Aspar sapaan akrab ketua Panwaslu Tingsel.
Sebab, politik uang, sambung Aspar tidak hanya dapat merusak tatanan demokrasi akan tetapi dapat merusak moral dan harga diri sebagai manusia.

“Mari terus gemakan alarm pengingat bahwa politik yang di penuhi dengan uang akan mempengaruhi kualitas hasilnya, untuk itu mari menjadi pengawas partisipatif di 2024,”ujarnya.

“Sebagai pengawas pemilu sangat berharap sejarah kelam politik uang di 2017 tidak terjadi lagi di pemilu tahun 2024, kita berharap proses yang terjadi itu sesuai proses yang kita harapkan, tidak ada lagi penanganan pelanggaran tentang politik uang,”tutupnya.
(Kus)

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button