PAUD Al’Hasanah Luwuk Mengedepankan Kharakter Anak

0
242
BNET. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Al’Hasanah Luwuk terus mengedepankan pembangunan kharakter anak melalui visi, menjadikan anak sehat, cerdas, ceria mandiri yang berahlak. Hal tersebut dikemukakan Kepala PAUD Al’Hasanah Luwuk, Rusnidari, S.Pd saat melangsungkan pertemuan dengan orang tua siswa, Sabtu (1/12) di Aula Pertemuan PAUD Al’Hasanah Luwuk.
Dalam kesempatan tersebut oleh pihak sekolah juga turut menghadirkan Ketua Yayasan Al’Hasanah Luwuk dan Koordinator Pengawas TK UPT Dinas Pendidikan Kabupaten Banggai.
Lanjut Kepala PAUD ini, metode pendidikan yang diterapkan oleh sekolahnya terfokus pada pengembangan kemandirian anak.  Dalam artian, anak perlu dibiasakan untuk tidak ditunggui atau dijaga oleh orang tua selama mereka melakukan aktifitas studinya disekolah.
Selain itu kata, Rusnidari, dalam sistim pembinaan sekolahnya juga ditanamkan kedisiplinan anak dalam menghemat uang jajan dengan cara yang bermanfaat melalui menabung. Bentuk pembelajaran lain juga ditanamkan pengenalan Ahklak hukarima, mengajarkan sholat Duha disetiap pagi.
“Jadi dalam metode pembelajaran kami mengutamakan pengembangan kharakter anak dan tidak menekankan pada pembelajaran baca tulis, sekalipun program tersebut tetap dilakukan”, jelasnya.
Disamping itu tambah Kepala PAUD ini, pihaknya juga memprioritaskan sistim pembelajaran dalam mengasah sikap sosial emosional anak agar bisa tumbuh berkembang dan dapat memahami kebersamaan dilingkungannya dengan mengenal cara hidup saling berbagi.
Selain itu katanya, juga ada program pembelajaran luar kelas bagi anak guna dapat mengenal situasi dalam peningkatan wawasan anak.
“Ini kami lalukan melalui program darmawisata”, katanya.
Dari berbagai gambaran tersebut kemudian menjadi bahan evaluasi terhadap indikator progres atas tema pembelajaran yang diterapkan di PAUD ini.
“Alhamdulilah ada peningkatan terhadap progres dengan capaian sembilan puluh persen”, ungkapnya.
Sementara pada kesempatan ini juga Kepala PAUD Al’Hasanah ini berharap supaya apa yang telah dilakukan pihak sekolah tentu tak terlepas dari adanya dukungan terhadap peran orang tua untuk dapat mendorong peningkatan pemahaman dari anak didiknya itu,  mengingat waktu luang anak lebih banyak berada pada orang tua ketimbang pihak sekolah, sehingganya hal ini penting untuk dilakukan.
“Saat ini PAUD TK Alhasanah sudah terakreditasi A sedangkan untuk Kelompok bermain masih akreditasi B”, tandasnya.
Seperti diketahui agenda rapat ini merupakan kegiatan rutin pihak sekolah dalam mencari titik temu terhadap saran dan masukan dari orang tua siswa, guna mewujudkan terciptanya peningkatan mutu pendidikan yang lebih baik lagi di PAUD Al’Hasanah Luwuk ini.* jr

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here