Pemadam Kebakaran Kabupaten Banggai Terus Tingkatkan Kemampuan Personil

LUWUK – Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar) Kabupaten Banggai terus meningkatkan kompetensi petugasnya dalam menanggulangi bencana kebakaran melalui pendidikan dan pelatihan.

Untuk itu, Damkar Banggai menyelenggarakan Diklat Damkar Kualifikasi Pemadam Kebakaran I Tahun 2024 bagi seluruh stafnya yang tergabung dalam regu pemadam kebakaran.

Asisten Administrasi Umum Setda Banggai Moh. Kamil mewakili Bupati Banggai, membuka secara resmi diklat itu, Senin (10/6/2024) di Aula BKPSDM, Luwuk Selatan.

Dalam rangkaian acaranya diawali dengan prosesi upacara yang dihadiri oleh Kepala Sub Direktorat Standardisasi Tata Operasional dan Sumber Daya Manajemen Penanggulangan Kebakaran Direktorat Manajemen Penanggulangan Bencana dan Kebakaran Kemendagri Danang Insita Putra, Kepala Dinas Damkar Banggai, Suwitno Abusama, serta sejumlah instruktur dan pendamping.

Asisten Administrasi Umum Setda Banggai Moh. Kamil pada kesempatan itu menyampaikan apresiasinya kepada Damkar Banggai yang telah menyelenggarakan diklat tersebut.

“Dalam memberikan layanan kepada masyarakat, profesioanlisme petugas pemadam kebakaran dan penyelamatan merupakan sebuah keharusan untuk terus dirawat dan ditingkatkan, sehingga masyarakat senantiasa merasa aman dan terlindungi,” ujar Kamil.

Ia berharap, melalui diklat ini dapat membangun sumber daya manusia dalam upaya mendukung program pemerintah pusat dan daerah dalam menciptakan pelayanan publik yang cepat, serta dapat meningkatkan kemampuan dan kapasitas aparatur Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Banggai.

Peningkatan populasi penduduk yang berimbas pada bertambahnya jumlah hunian maupun fasilitas gedung, kata Kamil, harus diimbangi dengan ketersediaan sarana prasarana dan personel petugas Damkar.

“Petugas Damkar harus memiliki kebanggan pada profesi yang saudara tekuni sekarang ini. Profesi yang menuntut profesionalisme dan kesungguhan di dalamnya, karena terkandung misi sosial kemanusiaan,” tuturnya.

Kepala Sub Direktorat Standardisasi Tata Operasional dan Sumber Daya Manajemen Penanggulangan Kebakaran Direktorat Manajemen Penanggulangan Bencana dan Kebakaran Kemendagri, Danang Insita Putra menekankan pentingnya empat pilar yang harus diperkuat Damkar.

Antara lain adalah, aspek kelembagaan, regulasi, sarana prasarana, dan sumber daya manusia.

“Kedepannya, kita harus melihat pemadam kebakaran itu lebih profesional, punya legitimasi yang kuat, tidak hanya di lingkungan pemerintah daerah, tapi juga di mata masyarakat,” kata Danang.

Dia juga menekankan bahwa penanggulangan kebakaran kini tidak hanya bertumpu pada banyaknya kejadian, tapi juga risiko dengan penanganan berbasis Wilayah Manajemen Kebakaran (WMK).

Dalam pers rilis DKSIP Banggai ini juga menyebutkan, kegiatan ini digelar selama 5 hari, dari tanggal 10-14 Juni. Pesertanya akan digembleng oleh para instruktur dan pendamping dari Damkar Kota Makassar dan Kota Palu.*/pr

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button