Pemda Banggai Gelar Upacara Hari Kelahiran Pancasila

0
106

BNET – Pemerintah Kabupaten (Pemda) Banggai, Sulawesi Tengah pagi tadi menggelar upacara bendera guna memperingati hari lahir Pancasila yang diperingati disetiap tanggal 1 Juni. Kegiatan tersebut berlangsung di lapangan Alun Alun Bumi Mutiara Kelurahan Keraton, Kecamatan Luwuk, Kabupaten Banggai.

Pantauan Banggainet.com, upacara dimulai pada pukul 07.30 WITA, Sabtu (1/6/). Dimana Bupati Banggai, Ir H Herwin Yatim SE.MM, saat itu bertindak selaku Inspektur Upacara, Ramlan Kamin, bertindak selaku Komandan Upacara dan Ibu Rohdiana selaku Perwira Upacara.Pada kesempatan itu, Herwin selaku Inspektur Upacara membacakan amanat dari Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia (RI).

Herwin menyampaikan Pancasila mampu menyatukan kita semua sebagai satu bangsa dan hidup dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sebagaimana yang sudah kita ketahui semua bahwa kondisi geografis yang memposisikan wilayah Indonesia sebagai Negara kepulauan makin memperkokoh konsep dan keyakinan akan “tanah air Indonesia”.

Keberagaman secara natural merupakan karakteristik dari keindonesiaan. Demikian pula secara antropologis dan sosiologis keberagaman ras, etnis, agama, kepercayaan dan budaya yang ada di Indonesia sudah ada sejak masa pra aksara hingga sekarang. Kita Indonesia hidup dan bahagia dalam keberagaman.Pancasila sebagai dasar Negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para “pendiri bangsa” merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat bangsa Indonesia.

Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan.

Pancasila harus tertanam dalam hati yang suci dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari, Berkat Pancasla yang berkelindan dengan nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong keberagaman yang ada menjadi suatu berkah.Berkat Pancasila sebagal bintang penuntun keberagaman yang ada dapat dirajut menjadi identitas nasional dalam wadah dan slogan “Bhinneka Tunggal Ika’

Peringatan hari kelahiran Pancasila 1 Juni bukan sesuatu yang terpisah dari momentum perumusan “Plagam Jakarta” oleh”panitia kecil” tanggal 22 Juni dan pengesahan Pancasila dalam Pembukaan UUD 1945 oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKT) tanggal 18 Agustus 1945.Indonesia untuk kita semua dan Pancasila adalah rumah kita semua.

Kita Indonesia, Kita Pancasila adalah sosok yang percaya diri, optimis dan penuh harapan dalam menatap masa depan sebagai bangsa yang maju, adil dan makmur.

Melalui peringatan hari kelahiran Pancasila 1 Juni 2019, Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi “politik harapan” dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kita semua harus terus menerus secara konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar negara, ideologi Negara dan pandangan dunia yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia. Kita bersatu membangun bangsa untuk merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan. Kita Indonesia, Kita Pancasila.

Turut hadir, H. Mustar Labolo (Wakil Bupati Banggai), Ir. Abdullah Ali, MM (Sekda Kab. Banggai), Letda Laut (P) Danang Tukiawan (Danpos AL Luwuk), Kepala OPD Kab. Banggai

Sementara Peserta Upacara Terdiri dari, 2 SST Pol PP ,20 SST ASN, 2 Kelompok Paduan Suara dan tamu Undangan, di perkirakan peserta Upacara berjumlah sekitar 400 orang.

Kegiatan pada Pukul 08.20 Wita itu selesai dengan tertib dan aman.*af

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here