Pemda Banggai Lakukan Sosialisasi Bahaya Narkoba ke Karang Taruna

LUWUK – Bupati Banggai diwakili Asisten Pemerintahan Dan Kesra Setda, Hj. Nurdjalal, S.H membuka kegiatan Sosialisasi Bahaya Narkoba dan Merokok Bagi Generasi Muda Bangsa di Kelurahan Kompo.

Kegiatan ini merupakan kiat Pemerintah Kelurahan Kompo yang berlangsung, Selasa (25/6/2024) di Hotel Swiss-Belinn Luwuk.

Partisipannya diikuti oleh 38 orang pengurus dan anggota Karang Taruna Surya Kirana Kelurahan Kompo Kecamatan Luwuk Selatan.

Dalam sambutan Bupati Banggai, Amirudin yang dibacakan Nurdjalal menyebutkan, Pemerintah Kabupaten Banggaii sangat mendukung upaya-upaya dan kegiatan yang positif seperti ini, gunan memerangi bahaya narkoba untuk masa depan dan bahaya merokok bagi kesehatan perokok dan orang-orang disekitarnya.

Bupati Amirudin menekankan, dengan terbukanya akses yang luas terhadap teknologi informasi dan komunikasi, harus disikapi secara bijak sehingga dapat meminimalisir dampak negatif terhadap kondisi psikologis generasi muda, yang dikhawatirkan akan terjadi degradasi moral. Dalam hal kasus penyalahgunaan narkoba lanjut Bupati, yang menjadi keprihatinan bersama adalah diincarnya  kelengahan para generasi muda.

Oleh karena itu pemberantasan dan pencegahan penyalahgunaan narkoba menjadi agenda wajib seluruh elemen bangsa.

Menurut Nur sapaan akrab Asisten 1 ini, bupati berharap agar para Karang Taruna yang hadir, menjadi pelopor dan motor penggerak sekaligus penginisiasi yang mampu mengajak rekan remaja di lingkungannyya untuk menjauhi narkoba, serta mengedukasi bahaya yang ditimpulkann dari penyalahgunaan narkoba.

Kepada Pimpinan Perangkat Daerah terkait, jajaran TNI/Polri, Bupati berpesan untuk senantiasa bersinergi dalam membimbing dan membersamai para generasi muda, dalam menyiapkan langkah strategis yang efektif untuk mengajak generasi muda Bangga dalam memperkuat benteng pertahanan terhadap godaan pengalahgunaan narkoba yang dapat menghampiri sewaktu-waktu.

Sementara dalam pers rilis Prokopim Setda Banggai ini, juga menjelaskan keterangan Camat Luwuk Selatan Ripodi Penak, S.Sos., M.Si, yang mana saat memberi sambutan dia memaparkan  program pemerintah yang oleh beberapa pihak dianggap tidak berhasil.

Camat Ripodi mengajak para Karang Taruna untuk melihat beberapa contoh riil, misalnya kelompok usaha Ayam Petelur yang ada di Desa Bubung Kecamatan Luwuk Selatan, yang mengikuti salah-satu program pemerintah. “Silakan adik-adik Karang Taruna wawancara langsung dengan pelaku, agar kita semua bisa belajar tentang sebuah kegigihan dalam berusaha,” saran Camat Luwuk Selatan.

Itu artinya kata Camat Luwuk Selatan ini, bahwa jalan atau tidaknya suatu program, tergantung cara pelaku usaha dalam mengelola usaha yang dilakoninya.

Terkait dengan narkoba, dirinya berharap semoga dengan pengetahuan nantinya yang didapat, semuanya bisa menjaga diri, terutama dengan keluarga dan lingkungan sekitarnya.

Saat dihubungi secara terpisah, Lurah Kompo Kecamatan Luwuk Selatan Kabupaten Banggai Nuraeni Larekeng, menyebutkan, diharapkan kegiatan yang diikuti oleh 38 anggota Karang Taruna Surya Kirana di kelurahan yang dipimpinnya, akan memberikan wawasan dan pengetahuan tentang bahaya penyalagunaan narkoba dan merokok serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya dalam menentukan masa depan bangsa.

Pembukaan kegiatan Sosialisasi Bahaya Narkoba dan Merokok Bagi Generasi Muda Bangsa ini dihadiri oleh Kasat Narkoba Polres Banggai IPTU Gede Wira Hendana Putra, S.Tr.K., M.H. dan dr. Megawati Mustadir yang diacara ini keduanya sebagai narasumber. Selain itu hadir juga para pejabat struktural Kelurahan Kompo, Bhabinkamtibmas Kelurahan Kompo, Tokoh Masyarakat dan para anggota Karang Taruna Surya Kirana Kelurahan Kompo. (*)/ pr.

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button