Pemda Banggai Sosialisasikan Perda Kawasan Tanpa Rokok di Nambo

0
347

BNET. Peraturan Daerah (Perda) tentang Kawasan Tanpa Rokok (KRT) gencar disosialisasikan Pemerintah Kabupaten Banggai Sulawesi Tengah.

Seperti halnya yang belangsung di Kecamatan Nambo, Selasa (4/12). Sosialisasi itu melibatkan instansi terkait diantaranya, Sat Pol PP dan Pemadam Kebakaran.

Kepala Sat Pol PP dan Pemadam Kebakaran didampingi Tim Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Type Madya Pabean C (PPBC TMP C) Luwuk, Mereka melakukan penyuluhan terkait UU No 39 tahun 2007 tentang Cukai dan Perda No 10 tahun 2017 tentang Kawasan Tanpa RoKok. Kegiatan tersebut berlangsung diruang rapat Kantor Camat Nambo.

Dalam sambutannya Kasat Pol PP dan Pemadam Kebakaran, mengatakan, penyuluhan Perda No 10 tahun 2017 akan terus dilakukan guna mendorong pengembangan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di Kabupaten Banggai.

“Di dalam Perda ini memang tidak ada larangan merokok, tapi boleh merokok namun pada tempatnya. Makanya, dalam kesempatan ini kita kembali mengingatkan, agar bagaimana caranya Perda ini bisa kita terapkan bersama,” tuturnya.

Lanjut dijelaskan, nantinya desa maupun kelurahan mau tidak mau harus memiliki zonasi atau tempat khusus untuk merokok.

Selanjutnya Camat Nambo Nurhaya Hasan, dalam sambutannya menjelaskan tujuan penetapan KTR ialah mewujudkan lingkungan yang bersih, sehat, aman dan nyaman, memberikan perlindungan bagi masyarakat bukan perokok, menurunkan angka perokok, mencegah perokok pemula dan melindungi generasi muda dari bahaya rokok.

Olehnya itu Camat menghimbau kepada seluruh ASN dilinkup Pemerintah Kecamatan Nambo sebagai perpanjangan tangan Pemerintah agar dapat berperan aktif dalam menerapkan Perda KTR di wilayah maupun dilingkungannya masing masing.

Turut hadir dalam kegiatan itu, unsur Pemerintah Kecamatan Nambo, Lurah dan Kades serta tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda. *af.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here