Pemdes Padungnyo Gelar Kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas, Kades Dan Aparatur

0
117

BNET – Kepala Desa (Kades) Padungnyo, Kecamatan Nambo, Kabupaten Banggai, Halimah Ineng menggelar kegiatan pelatihan Peningkatan Kapasitas Kepala Desa dan Aparatur Desa, yang dilaksanakan, Sabtu (03/07) di ruang rapat Kantor Desa Padungnyo.

Kegiatan tersebut  bertujuan untuk mewujudkan tata kelola keuangan desa yang tertib, transparansi dan akuntabel, menuju desa yang sehat, mandiri, agamais, dan sejahtera.Dari pantauan media ini, kegiatan yang berlangsung diruang rapat Kantor Desa Padungnyo tersebut, dihadiri Kepala Bidang Pengawas Pemerintahan Inspektorat Kabupaten Banggai, Daniel Nasrun, S.Sos, dan Auditor Inspektorat Kabupaten Banggai, Gustam Suleman, SE, selaku pemateri, aparatur desa, anggota BPD, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan beberapa lembaga desa lainnya.

Dalam pemaparannya, Gustam selaku pemberi materi menjelaskan, kegiatan ini merupakan pelatihan pengelolaan dana desa yang bersumber dari dana APBN dan juga Anggaran Dana Desa(ADD) yang bersumber dari APBD.

“Salah satu sumber Pendapatan Desa adalah Dana desa yang bersumber dari APBN. Sehingga desa diberikan kewenangan untuk mengatur mengurus kebutuhannya untuk diprioritas desa demi kesejahtraan masyarakat,” katanya.

Gustam mengingatkan, melalui kegiatan itu, aparat desa dan kelembagaan masyarakat dapat mengetahui pengunaan dana desa. Selain itu, dalam pengelolan APBDes perangkat juga dapat mengerti  dan melaksanakan sesuai aturan.

“Tentu hal itu harus dibarengi dengan kualitas sumber daya manusia(SDM) yang memadai dalam hal mengelolah keuangan desa,” tandas Gustam.Sementara di tempat yang sama, Kepala Bidang Pengawasan Pemerintahan, Daniel Nasrun S.Sos, mengatakan, dana yang diberikan kepada desa sesuai jumlah yang dihitung berdasarkan variabel penduduk luas wilayah, angka kemiskinan, dan tingkat kesulitan geografis.

“Kebijakan pemerintah pusat untuk dana ini bertujuan mensejahterakan masyarakat, melalui pembangunan fisik maupun non fisik seperti peningkatan SDM, penggalian SDA bertujuan untuk menyerap tenaga kerja, mengentaskan kemiskinan dan meningkatkan tarap hidup masyarakat.” tuturnya.*af

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here