Perahu tenggelam 3 anggota keluarga terapung berjam-jam di Laut

0
54

BNET – Apes, perahu fiber yang ditumpangi tiga anggota keluarga yakni Bapak Loto (49) Ibu Mirna (45) Nizam (4) warga desa Kalumbatan Kecamatan Totikum Selatan tenggelam hingga ke bawah laut terbawa arus setelah dihantam ombak diperairan selat Banggai, Kabupaten Banggai Laut pada (2/10).

Akibatnya, ketiga anggota keluarga tersebut terpaksa berenang menggunakan peralatan seadanya dengan harapan mereka dapat terbawa arus laut sampai ke tepi pantai. Tapi arus laut yang kencang justru membawa mereka semakin menjauh dari pantai.

Selama kurang lebih empat jam ketiganya terombang-ambing gelombang laut disertai arus dan angin kencang, sebelum akhirnya ditemukan oleh sebuah kapal penampung ikan dari Desa Kaukes yang berlayar dari Luwuk menuju Kabupaten Banggai Laut.

Ketika ditemui di kediamannya, Loto bertutur, saat itu ia bersama istri dan anaknya berangkat pulang sekitar pukul 12 lebih beberapa menit, usai menjajakan ikannya di Desa Paisu Batango, kecamatan Banggai Utara Kabupaten Banggai laut.

Setibanya di pertengahan Selat Banggai tepatnya antara desa tersebut dengan Desa Kalumbatan perahu fibernya mulai terisi air laut akibat dihantam ombak berkali-kali sampai akhirnya perahu tengelam.

“Saya sendiri yang hanyut agak jauh dari istri dan anak saya berusaha berenang menyelamatkan mereka tapi untungnya istri saya sudah lebih dulu berhasil sampai ke permukaan laut bersama anak saya. Kemudian menjangkau sebilah papan yang pakainya sebagai pelampung untuk anak saya”, tuturnya.

Ia sendiri hanya memegang sebuah dayung dan istrinya menggunakan loyang sebagai pelampung. Ketiganya terus berpegangan melawan ombak untuk mencari pertolongan. Namun tak satupun kapal dan speed boat yang mereka panggil mendengar teriakan dan melihat jelas kode lambaian tangan mereka. hingga sore sekitar pukul 16 lewat, kapal penampung ikan tersebut mengevakuasi ketiganya dan menemukan tumpangan dari kapal yang kebetulan menuju Desa Kalumbatan.*Rif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here