Pjs.Danramil 1308-12/Bulagi Bersama Kapolsek Amankan Demo Penyimpangan ADD

0
129

B-NET. Pjs Danramil 1308-12/Bulagi bersama Kapolsek dipaksa turun langsung kelapangan untuk mengamankan demo masyarakat terkait penyimpangan dana ADD Sambulangan, Kecamatan Bulagi Utara, Kabupaten Banggai Kepulauan Selasa (28/8).

Unjuk rasa tersebut dilakukan warga dengan menyegel kantor Desa sehingga aktivitas pemerintahan terhenti total.

Pjs Danramil 1308-12/Bulagi Pelda Suharto yang saat itu turun langsung bersama Kapolsek Bulagi Iptu T.Yesene SH dan Kasi pembangunan Kecamatan Bulagi Utara Ones Maasi untuk mengamankan dan memediasi aksi masyarakat Sambulangan yang berjumlah sekitar 30 orang.

Unjuk rasa tersebut diduga akibat
penyalagunaan Anggaran Dana Desa (ADD). Peserta aksi juga menyesalkan sikap Kades Sambulangan yang tidak mencerminkan seorang pemimpin, karena menurut mereka, Kades sering melakukan tindakan negatif dengan minum minuman keras bersama oknum masyarakat dan oknum pemuda.

Dengan perilaku tersebut sehingga para tokoh bersama masyarakat lainnya melakukan demo menyegel Kantor Desa Sambulangan dengan memasang 2 palang kayu di pintu masuk Kantor Desa.

Menurut Pjs Danramil, sebelumnya ia telah menghubungi Camat Bulagi Utara dan dari hasil komunikasi didapatkan keterangan bahwa masalah yang terjadi antara masyarakat dan Kades Sambulangan, Fresin Kuamano sudah sampai ke pihak BPMPD Bangkep dan ke pihak DPRD Bangkep, dan permasalahan saat ini masih dalam proses.

Lanjut Danramil, pada saat berada dilokasi aksi, salah seorang pengunjuk rasa telah menerima telepon dari salah seorang anggota komisi I DPRD Bangkep, Marice Mandanga
dan dalam percakapan tersebut Marice Mandanga mengatakan bahwa sehubungan dengan tindakan penyalagunaan ADD dan DD oleh Kades Sambulangan pihak DPRD akan segera memanggil Kades Fresin Kuamano bersama Bendahara Desa untuk dilakukan Hearing.

Menyikapi hasil konfirmasi oleh anggota komisi I dengan salah satu pengunjuk rasa, selanjutnya Danramil berserta Kapolsek langsung menyikapinya dan memberikan ketegasan bahwa apa yang menjadi tuntutan masyarakat akan segera disikapi dan selaku aparat akan segera menindaklanjuti apa yang menjadi harapan masyarakat. Setelah mendengar tanggapan dari Pjs Danramil, massa aksi langsung membuka palang penyegelan pintu Kantor Desa Sambulangan.*(RAM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here