Polres Bangkep Optimalkan Ops Patuh Tinombala

0
74

BNET – Pelaksanaan Operasi Tinombala yang digelar Polres Banggai Kepulauan hari ini (9/9) telah memasuki hari ke 9 sejak dimulai pada (29/8) lalu. Rencananya, giat lantas ini akan berakhir pada Rabu, (11/9).

Kapores Banggai Kepuluaun AKP Aditya Surya Dharma, S.Ik melalui Paur Humas Bagops Iptu Nicolas Wagey, SH, mengatakan, pihaknya akan terus mengoptimalkan Operasi Patuh Tinombala untuk memberikan pemahaman mengenai pentingnya tata tertib lantas bagi seluruh pengguna jalan dengan kendaraan bermotor.

“Operasi ini sangat penting untuk memberikan pemahaman sekaligus pendidikan kepada seluruh pengendara bagimana pentingnya tertib lalu lintas”, ujar Niko saat ditemui di ruang kerjanya (6/9).

Pentingnya hal tersebut dilaksanakan, lanjut Niko, bertujuan untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas (lakalantas) yang terjadi, khususnya di wilayah Operasi Patuh Tninombala Polres Bangkep yang meliputi wilayah Kabupaten Banggai Kepulauan dan Banggai Laut.

Niko menambahkan ada delapan sasaran utama pelanggaran tatib lantas dalam Operasi Patuh Tinombala kali ini, Pengendara Sepeda motor yang tidak mengenakan helm berstandar SNI, pengemudi roda 4 yang tidak menggunakan Saffety belt, pengemudi yang membawa kendaraan melebihi kecepatan.Kemudian, pengemudi kendaraan bermotor yang melawan arus, pengemudi di bawah umur, pengemudi mabuk saat berkendara, pengemudi yang menggunakan hp saat berkendara dan kendaraan yang menggunakan lampu strobo, rotator dan sirene, dan kendaraan yang tidak dilengkapi dengan STNK kendaraan yang sah.

Ia juga berharap, semoga dengan operasi ini pengguna kendaraan bermotor dapat menyadari pentingnya tatib lantas khususnya di wilayah hukum Bangkep.
“Dengan demikian, kita berharap seluruh pengguna kendaraan bermotor dapat menyadari dan menaati tatib lantas”, ujar Niko berharap.

Terpisah, Kasatlantas Polres Bangkep Iptu Octavianus L. Kiwol, SH, ketika ditemui diruang kerjanya, mengatakan, sementara ini pihaknya masih terus melaksanakan kegiatan Operasi Patuh Tinombala 2019 di Kabupaten Banggai Kepulauan Maupun Banggai Laut. Giat ini bersama unsur terkait yakni TNI dan Dinas Perhubungan serta Pengadilan untuk pelaksanan sidang di tempat dalam perkara tilang.

“Untuk saat ini kita masih akan terus mengumpulkan data pelanggaran lalu lintas di lapangan, sehingga bisa diketahui tingkat kesadaran pengguna kendaraan bermotor” terangnya di depan awak media ini.* Rif

.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here