Polri dan TNI Kawal Logistik Pemilu dari PPK Menuju Kantor KPU Kabupaten

0
93
BNET – Pesta Demokrasi dalam Pemilu Presiden/Wakil Presiden dan pemilihan legislatif anggota DPD RI, DPR RI, DPRD Propinsi dan DPRD Kabupaten/Kota, telah selesai digelar bahkan penghitungan suara dari tingkat PPS hingga tingkat PPK juga pada umumnya telah selesai dilaksanakan oleh PPK Kecamatan yang berada diwilayah Kodim 1308/LB yakni Kabupaten Banggai, Kaupaten Banggai Kepulauan dan Kabupaten Banggai Laut.
Semua tahapan dari proses pemilu tersebut mendapatkan pengawalan dan pengamanan dari anggota Polri Polres Banggai dan Polres Banggai Kepulauan serta pengamanan dari anggota TNI melalui Koramil yang ada di jajaran Kodim 1308/LB.
Dandim 1308/LB Letkol Inf Nurman Syahreda, SE mengatakan, setelah hampir keseluruhan proses pentahapan plano hasil penghitungan suara ditingkat TPS, PPS dan PPK di wilayah Kodim 1308/LB selesai dilaksanakan, dan dari tiap-tiap PPK maupun Panwascam telah menyerahkan hasil Pemilu tahun 2019 ke KPU Kabupaten yang ada di wilayah Kodim 1308/LB.
Dalam proses pendistribusian logistik hasil Pemilu yang dilaksanakan pada tanggal 17 april 2019 yang lalu, kata Dandim, ia telah mengarahkan personilnya di Koramil yang berada di jajaran Kodim untuk membackup tugas Polri dalam mengamankan proses  pengawalan logistik Pemilu hasil perolehan suara Pilpres dan Pileg dari Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten.
“Personil TNI dan anggota Polri yang berada di wilayah Kodim 1308/LB tersebut bertugas di tiap TPS yang tersebar di wilayah pedesaan, pegunungan maupun yang ada di kepulauan, di PPK sampai ke KPU terus melakukan pengamanan dengan melakukan pengawalan Logistik Pemilu”, jelasnya.
Lanjut Dabdim, pengamanan yang dilakukan tersebut karena logistik Pemilu merupakan dokumen Negara, dari Sekretariat PPK menuju Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten di wilayah Kodim 1308/LB,  setelah terlebih dahulu dokumen logistik Pemilu dari tiap tiap TPS telah sampai dan terkumpul di PPK yang selanjutnya telah dilakukan rapat pleno penghitungan hasil pemungutan suara di PPK tingkat kecamatan oleh penyelenggara Pemilu.
“Sejak pentahapan pemilu sampai Logistik Pemilu tahun 2019 diterima oleh PPK Kecamatan yang ada di wilayah Kodim dari KPU Kabupaten Banggai, Banggai Kepulauan dan Banggai Laut, personil Kodim 1308/LB dan seluruh personil Polres Banggai dan Polres Banggai Kepulauan melakukan pengamanan dan pengawalan logistik selama 1 X 24 jam dari PPK ke KPU Kabupaten sampai dengan pelaksanaan  rapat Pleno KPU yang sampai saat ini masih berlangsung”, demikuan beber Letkol Inf Nurman Syahreda, SE.
Sementara itu ditempat terpisah, Danramil 1308 – 03/Batui Kapten Inf Herman juga menjelaskan, pengaman dan pengawalan ketat kotak suara dilakukan oleh personel TNI  dan Polri agar tidak ada penyalahgunaan didalam penyelenggaraan Pemilu 2019. Hal ini untuk mengurangi kecurigaan, dan telah disepakati dengan penyelenggara pemilu bahwa surat suara setelah selesai pencoblosan tidak boleh menginap di TPS dengan alasan keamanan.
“Ketika selesai pencoblosan di TPS harus langsung dibawa ke PPS yang selanjutnya diserahkan ke Sekretariat PPK di Kecamatan dengan pengawalan ketat TNI dan Polri,” ujar Danramil Kapten Inf Herman.* pr

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here