Prajurit Kodim 1308/LB Laksanakan Kesamaptaan Jasmani Periodik II Tahun 2019

0
43
BNET – Bertempat dilapangan Bola Kesatriaan Kipan C Yonif 714/Sintuwu Maroso Kel. Simpong Kec. Luwuk Selatan Kabupaten. Banggai, dilaksanakan kegiatan Kesamaptaan Jasmani Periodik II bagi personil Kodim 1308/LB oleh Tim Jasmani Korem 132/Tdl Serma I Gusti Ketut Suparman dan Sertu Irmawan.
Kesamaptaan Jasmani yang dilaksanakan selama 2 hari TMT, 16 sampai 17 oktober tersebut diikuti oleh Kasdim 1308/LB Mayor Inf Red Abner Patambo, Para Perwira Staf Kodim 1308/LB, Para Danramil jajaran Kodim 1308/LB, Para Bintara dan Tamtama Kodim 1308/LB.
Untuk materi Kesamaptaan Jasmani yakni Samapta A (Lari 12 menit), Samapta B terdiri dari Pull Up (1 menit), Sit Up (1menit), Push Up (1menit), Luger (1menit), Suttle Run (1menit) dan Uji Ketangkasan Renang Militer Dasar (50 meter).i
Kasdim 1308/LB Mayor Inf Red Abner Patambo pada kesempatan kegiatan tersebut mengatakan, tujuan Kesamaptaan Jasmani yang dilakukan oleh Prajurit Kodim 1308/LB ini untuk mengukur kemampuan dan kekuatan serta ketahanan fisik bagi seorang Prajurit. Selain untuk mengukur kekuatan dan ketahanan fisik, tes kesamaptaan jasmani juga merupakan salah satu indikator untuk pembinaan karier prajurit.
Lanjut katanya, Kesamaptaan Jasmani merupakan salah satu Program TNI melalui Dinas Jasmani Militer Angkatan Darat atau Disjasad adalah Badan Pelaksana Pusat di tingkat Mabesad yang berkedudukan langsung di bawah Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD). Kesamaptaan Jasmani ini dilaksanakan dalam setiap 6 bulan sekali atau 1 tahun  2 kali yakni Kesamaptaan Jasmani Periodik I dan Periodik II. Kepada para Prajurit Kodim 1308/Luwuk Banggai yang ikut melaksanakan Kesamaptaan Jasmani ini diharapkan dapat melaksanakan dengan semangat dan utamanya menjaga faktor keamanan. Kemampuan fisik sesorang hanyalah kita perorangan yang tahu, oleh karena itu jika tidak mampu jangan untuk dipaksakan yang nantinya akan berdampak tidak baik dan tidak sesuai yang diharapkan oleh Pimpinan atas.
Sebelum melaksanakan kegiatan Kesamaptaan Jasmani A, B dan uji ketangkasan renang militer dasar, terlebih dahulu para prajurit Kodim 1308/Luwuk Banggai melaksanakan pemeriksaan kesehatan ( Tensi ) oleh personil Polkes 13.10.03 Luwuk Banggai dipimpin Kapolkes Peltu Silwanus Popatoon yang dipandu oleh Tim Jarem 132/Tadulako. Setelah melakukan rikes, para prajurit yang mengikuti tes kesamaptaan jasmani  melakukan senam peregangan dan senam pemanasan.
Sementara itu Perwira Seksi Personil Kodim 1308/Luwuk Banggai Kapten Inf  Ramli mengatakan, melalui test kesamaptaan jasmani periodik ini, kita dapat mengukur dan mengetahui kemampuan jasmani prajurit setiap 6 bulan sekali, apakah meningkat atau sebaliknya menurun. Hal ini sangat bagus sekali bagi prajurit yang mau melaksanakan usul kenaikan pangkat maupun sebagai kelengkapan adminitrasi mengikuti pendidikan. Apabila jasmani prajurit Kodim 1308/Luwuk Banggai menurun, dan apalagi prajurit tersebut mau melaksanakn Usul Kenaikan Pangkat (UKP), maka perlu diadakan pembinaan fisik secara ekstra disatuan.
Srlain itu, Prajurit Kodim 1308/Luwuk Banggai yang notabenenya sebagai aparat teritorial, diharapkan untuk tetap menjaga stamina dan kebugaran tubuh dengan berolahraga. Karena dengan olahraga, kesehatan tubuh dan raga akan tetap terjaga dan terbina, sehingga dalam setiap pelaksanaan tugasnya akan selalu fit dan sehat.
Pada kesempatan sama Tim Jasrem 132/Tadulako Serma I Gusti Ketut Suparman juga mengatakan, dengan dilaksanakannya kesamaptaan jasmani periodik kedua ini agar rekan-rekan prajurit Kodim 1308/Luwuk Banggai dapat melaksanakan kesamaptaan jasmani dengan sebaiknya dan pada kegiatan ini diharapkan untuk menjaga faktor keamanan dan kemampuan fisik prajurit hanyalah perorangan yang tahu.
Pelaksanaan kegiatan ini, bagi yang mengikutis tes jasmani agar dalam setiap kegiatan harus selalu berhati-hati dan utamakan faktor keamanan, diharapkan dalam pelaksanaannys dapat berjalan lancar dan aman sesuai yang diharapkan pimpinan atas.*pr

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here