Presiden Jokowi Resmikan 5 Bandara, Dipusatkan di Luwuk

0
108
BNET. Bandara Syukuran Aminuddin Amir, Desa Bubung, Kecamatan Luwuk Selatan, Kabupaten Banggai, Provinsi Sulawesi Tengah, siap dikelola Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yakni PT Angkasa Pura I.
Proses pengalihan pengelolaan bandara dari pihak pemerintah daerah ke pihak BUMN sedang dalam tahap proses.
Hal itu diungkapkan Kementerian Perhubungan RI, melalui Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Polana B. Pramesti, didampingi Dir Bandara Ditjen Hubungan Udara, M. Pramintohadi Sukarno, Sabtu (22/12), saat menggelar konprensi pers tentang agenda peresmian bandara dan terminal baru di wilayah Sulawesi yang dipusatkan di Bandara Syukuran Aminudin Amir, Luwuk.
Is mengatakan jika saat ini pemerintah membuka peluang bagi pihak lain yang ingin mengngelola bandara yang ada di Indonesia.
“Kemenhub membuka peluang untuk bekerja sama dengan pihak ketiga dalam pengelolaan bandara, Namun tetap harus memenuhi segala persyaratan yang telah diatur,”ungkapnya.
Ia juga mengatakan, saat ini pemerintah akan meresmikan Bandar Udara Morowali, dan empat terminal baru bandara yang ada di wilayah Pulau Sulawesi,yakni Terminal Baru Bandara Syukuran Aminuddin Amir Luwuk, Bandara H. Aroeppala Selayar, dan Bandara Lagaligo Bua Luwu, serta Bandara Betoambari Baubau yang akan langsung di resmikan oleh
Presiden RI Ir Joko Widodo pada Minggu (23/12).
Polana menambahkan pembangunan terminal Bandara Morowali selain menggunakan anggaran APBD juga mendapat alokasi anggaran APBN sebesar Rp 225 Milyar.
“Terminal bandara Morowali berukuran 1000 meter persegi dengan daya tampung 200 penumpang pada kepadatan penerbangan. Dengan landasan pacu sepanjang 1500 meter dan lebar 30 meter, dan dilandasi pesawat jenis ATR 72,” tambahnya.
Sementara itu, dipilihnya Bandara Syukuran Aminuddin Amir Luwuk, Kabupaten Banggai sebagai tempat peresmian merupakan keinginan dari Presiden RI, Ir Joko Widodo.
“Dipilihnya Bandara Syukuran Aminuddin Amir sebagai pusat kegiatan peresmian merupakan pilihan Presiden Jokowi. Peresmian sebelumnya diagendakan pada peringatan puncak Hari Nusantara 2018 namun ada penundaan sehingga dipastikan akan dilaksanakan Minggu,” pungkasnya.*(RAM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here