Proyek Jalan Tani Di Desa Lumbe Asal Jadi dan Tak Transparan

0
223
BNET- Pengerjaan proyek peningkatan jalan tani di Desa Lumbe Kecamatan Nambo Kabupaten Banggai diduga asal jadi. Kemudian proyek tersebut juga terkesan siluman karena tak terpasang papan proyek sebagai bentuk transparansi publik sesuai amanat Pepres tentang pengadaan barang dan jasa milik pemerintah.
Hal ini dikemukakan oleh para pejabat penerintah desa setempat dan sejumlah warga. Mereka juga memastikan jika kualitas proyek peningkatan jalan tani itu tak akan bertahan lama.
Kepala Desa (Kades) Lumbe Jisman Peadja, pada banggainet.com, Jum’at (11/01), usai melakukan peninjauan hasil pekerjaan peningkatan jalan tani tersebut mengatakan, proyek yang dikerjakan itu diduga sudah tidak sesuai dengan kajian tehknis dalam Rancangan Anggaran Biaya (RAB).
“Kuat dugaan, kualitas pekerjaan tidak sesuai spesifikasi RAB. Terbukti, disepanjang badan jalan tidak rata dan bergelombang, ketebalan lapisan juga sangat tipis, ini tidak sesuai ukuran normal sehingga sejumlah titik badan jalan muncul lapisan tanah,” terang Jisman
Jisman pun mengaku kesal lantaran kondisi jalan mengalami kerusakan pada sejumlah titik. Seperti pemadatan material yang kurang sehingga badan jalan bergelombang.
Sementara Sekertaris Desa Lumbe Musdar Dalia menambahkan proyek peningkatan jalan itu terindikasi dimark up, dimana hal itu bisa dilihat bahwa proyek yang seharusnya di bangunkan dua buah pelat deker ternyata tidak dikerjakan dan kemudian tidak dipasang papan proyek sebagai bentuk transparansi publik.
“Proyek tersebut dikerjakan asal asalan bahkan mencurigakan karena papan proyeknya sejak awal tidak dipasang,” tuturnya.
Olehnya itu kata Musdar, proyek ini terkesan tertutup dan mengabaikan aspek transparansi.
“Akses masyarakat untuk mengetahui lebih jauh tentang volume pekerjaan, jangka waktu pelaksanaan, pagu dana, kontraktor pelaksana, konsultan perencana, pengawas dan lain-lain terkait proyek itu tak ada” tandasnya.*af

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here