Satu Juta Per Pekarangan Juga Ditunaikan Bupati

TOILI –  Bulan depan nanti, Bupati Banggai H. Amirudin akan melaksanakan visi-misi terhadap program bantuan satu juta per pekarangan. Pernyataan ini disampaikannya dalam sambutan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan Hari Santri Nasional di Pesantren Darul Quran Wal Hadis Desa Mulyasari Kecamatan Toili.

“ Insyaallah bulan depan kegiatan satu juta satu pekarangan sudah mulai berjalan, tinggal kita lihat masing-masing desa dengan kesiapanya”, ujar Amirudin.

Dalam pelaksanaan kegiatan program ini Pemda akan melihat kesiapan desa, mana dianggap siap itu yang didahulukan, sebab katannya dengan mempertimbangkan kesiapan anggaran tentunya tidak mungkin bantuanya diberlakukan serentak ke seluruh desa yang ada di Kabupaten Banggai. Untuk itu harus dilakukan secara bertahap.

“ Ada yang diakhir tahun ini dengan sumber dana ABT, nanti ada yang ditahun anggaran 2022, serta ada yang ditahun 2023 dan ada yang ditahun 2024”, terangnya.

Pada bagian lain bupati juga menjelaskan bahwa bantuan untuk Badan Usaha Desa (Bumdes) juga segera direalisasikan tetapi akan diberikan kepada Bumdes yang sudah siap. Untuk hal tersebut Amirudin mengingatkan agar kegiatan bantuan pendanaan Bumdes ini tidak bisa digunakan untuk usaha simpan pinjam, akan tetapi bagi kegiatan yang berkaitan dengan pengolahan yang ada di masyarakat.

“ Kalau simpan pijam akan jadi tengkulak lagi nantinya, makanya kalau yang simpan pinjam kita tidak akan kasih, kecuali untuk kegiatan usaha lain”, tegasnya.

Sebelum menjelaskan hal tersebut kepada masyarakat yang hadir dalam acara ini, bupati sebelumnya juga menyampaikan 9 aksi langkah program gratis Pemda lainya yakni,  mengaktifkan 351 ribu jiwa katu BPJS subsidi, khusus untuk Toili bupati telah mengembalikan 10 kelompok peternak dengan memberikan bantuan 100 ekor sapi, ada juga ayam, kambing, disamping itu ada juga pengadaan bibit kedelei, bibit padi serta pupuk bagi para petani. Yang mengembirakan bagi petani bahwa ada peningkatan terhadap harga beras dan saat ini juga Toili sudah swasembada beras. Olehnya untuk menujang usaha-usaha perekonomian masyarakat ini Pemda Banggai tidak akan henti-hentinya untuk terus melakukan inovasi dalam mendorong peningkatan ruang kelolah ekonomi masyarakat demin mencapai tingkat kesejahteraan yang lebih baik lagi.* @le

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *