Sesuai Manifest Penumpang KM. Fungka Yang Terbakar Dan Tenggelam Itu Hanya 80 Orang

0
216
Dok foto 1.2.3 dan 4 Istimewa (Galang)
B-NET.  Kapal penumpang KM. Fungka Permata V Jumat (14/9) sekitar pukul 12.30 wita terbakar dan tenggelam di perairan Pulau Sagu, Desa Togong Sagu, Kecamatan Bangkurung Timur, Kabupaten Banggai Laut (Balut) Sulawesi Tengah.
Sesuai manifes kapal naas ini memuat kurang lebih 80 orang penumpang dan 11 orang awak kapal.
Sebelumnya pada hari Kamis (13/9) sore sekitar pukul 17.00 wita KM.Fungka Permata V bertolak dari pelabuhan Raha Sulawesi Tenggara dengan tujuan Pelabuhan Balut.  
Dalam pelayaran dihari berikutnya Kamis (13/9) posisi kapal sudah berada dikawasan perairan laut Balut dan sekitar pukul 12.15 wita terjadi kebakaran dasyat di atas kapal yang apinya tak mampu lagi dipadamkan, sehingga menyebabkan kapal tenggelam.
Berdasarkan informasi dari pelabuhan asal yakni Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Raha Sulawesi Tenggara, penumpang yg terdaftar dalam manifest berjumlah 80 orang, beserta awak kapal 11 orang dengan jumlah keseluruhan 91 orang. 
Ketika saat evakuasi dilakukan tercatat ada 126 orang luka-luka 10 orang MD dan 10 orang hilang. Dengan angka tersebut tentu terdapat ketabahan jumlah dari daftar yang tak terdata di manifest.
Lonjakan penumpang ini terlihat sesuai data sementara yang dihimpun melalui Anggota Piket Pos KP3 yang terjun langsung mendatangi TKP dengan menggunakan KM.Lapollo Express untuk mengevakuasi para korban KM.Fungka. Dalam proses evakuasi itu juga melibatkan beberapa instansi terkait lainya. 
Foto KM Fungka (dok istimewa Galang) 
Hingga berita ini diturunkan proses pendataan dan pencarian korban masih sementara dilakukan.* ram/pr

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here