Tadi, Wapres Kalla Serahkan Adipura ke Bupati Banggai

0
386

Bupati Banggai Herwin Yatim, saat menerima piala Adipura dari Wapres Jusuf Kalla (dok foto 1 dan 2 istimewa)

BNET – Bupati Banggai, Ir.H.Herwin Yatim Senin pagi (14/1) secara resmi menerima Piala Adipura dari Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla. Predikat ini telah dua kali berturut-turut diraih Kota Luwuk pada masa pemerintahan Bupati Herwin dan Wakil Bupati Mustar Labolo. Sebelumnya penilaian Adipura di periode 2015 -2016 telah diraih dan kali ini pada penilaian periode 2017-2018 kembali Luwuk masuk nominasi serupa. Seperti diketahui piala Adipura diserahkan pada 146 penerima.

“Saya ucapkan selamat bagi para penerima penghargaan Adipura,” ungkap Wapres dalam prosesi pemberian Adipura di Gedung Manggala Wanabakti Jakarta. Pada saat itu Wapres Jusuf Kalla didampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, selain itu juga hadir beberapa pejabat teras lain dilingkungan Kementrian KLH.

“Ini merupakan prestasi yang luar biasa karena ada 100 lebih kota yang diberikan penghargaan,” ujar Wapres kembali.

Dalam prosesi penyerahan Adipura tersebut nampak terlihat kebanggaan yang terpancar dari Bupati Herwin, hal ini tak dipungkiri karena memang upayah yang dilakukan Bupati Herwin Yatim dan Wakil Bupati Mustar Labolo (Winstar) terhadap kiat program kebersihan Pinasa, telah sukses dibuktikan melalui adanya pengakuan negara terhadap capaian untuk meraih kembali penghargaan Adipura. Berdasarkan data Kementrian LHK pada penilaian Adipura periode tahun ini terdapat 146 penghargaan yang diberikan terdiri dari 119 Kota peraih Adipura, 1 Kota Adipura Kencana, 5 plakat Adipura, 10 sertifikat dan 11 Kabupaten kota untuk penghargaan kinerja pengurangan sampah.

Sementara itu di Kota Luwuk masyarakat beserta unsur pemerintah daerah Kabupaten Banggai telah mempersiapkan prosesi penjemputan piala Adipura untuk yang kedua kali berturut-turut diboyong kedaerahnya. Acara penjemputan di pusatkan di area Lapangan Glora Luwuk, dimana sebelumnya penghargaan tersebut akan diarak dari Bandara S A.Amir Luwuk Selasa (15/1) besok, saat Bupati Banggai dan Wakil Bupati beserta rombongan tiba di Luwuk.*pr

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here