Terkait Pajak Daerah DPRD Banggai Gelar Raker

LUWUK – Guna mengetahui sejauh mana penanganan pajak daerah di Kabupaten Banggai, Komisi 3 DPRD Banggai yang di pimpin I Putu Gumi, Senin (18/3/2024) menggelar rapat kerja (raker) tentang realisasi penerimaan pajak daerah (PAD) tahun anggaran 2023, termasuk rencana pencapaian target pajak daerah tahun anggaran 2024.

Terkait dengan evaluasi PAD, sejumlah hal terungkap dalam raker yang berlangsung di ruang rapat khusus ini.

“Kami khusus membahas kaitannya pencapaian PAD. Khususnya pajak daerah yang dikelola Bapenda (Badan Pendapatan Daerah),” kata I Putu Gumi.

Ia mengaku ada banyak hal yang dibahas pada agenda raker.

“Banyak yang kami bahas di agenda tadi. Termasuk mengevaluasi realisasi penerimaan pajak daerah di tahun kemarin (2023) dan rencana pencapaian realisasi tahun ini,” kata Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Banggai ini.

Ia juga mengungkap dari hasil evaluasi, sejumlah anggota Komisi 3 menyorot pencapaian penerimaan PAD dari sektor pajak daerah yang belum maksimal. Diantaranya pajak restoran.

Terungkap pula, tunggakan pajak parkir yang dikelola pihak ketiga di Rumah Sakit Umum Daerah Luwuk. Tunggakan pajak parkir RSUD Luwuk sebut Gumi, mencapai Rp300 juta an.

Ia menekankan target penerimaan pajak daerah yang sudah termaktub dalam struktur APBD Banggai tahun anggaran 2024 wajib direalisasikan. Sebab, penetapan pajak telah didasarkan terhadap beragam kajian.

Potensi-potensi yang ada itu, maka ditetapkanlah target penerimaan pajak daerah.

“Tidak boleh lagi ada alasan yang mengakibatkan realisasi PAD dari sektor pajak daerah itu tidak tercapai. Karena semua perhitungan penetapan target itu didasarkan atas potensi-potensi yang ada,” tutup Gumi.*/

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button