Tiga Fungsi DPRD Bangkep Dinilai Belum Berjalan Maksimal

0
58
Partai NasDem, Sadat Anwar Bihalia (dok foto istimewa) 
BNET – Kinerja Aleg DPRD Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep) di priode sebelumnya belum maksimal menjalankan tiga fungsi yang melekat pada lembaga tersebut. Hal ini dikemukakan, Aleg DPRD Bangkep periode 2019-2023 dari Partai NasDem, Sadat Anwar Bihalia (SAB).
Politisi senior yang juga mantan anggota legislatif periode 2014-2019 ini menjelaskan, tiga fungsi legislatif tersebut yang pertama yakni, fungsi Legislasi.
Menurut Politisi yang dikenal dengan masyarakat ini, para Aleg belum menyadari betul bahwa mereka harus membuat produk hukum daerah yang populis dan bermanfaat bagai masyarakat ditambah lagi lemahnya pemahaman para anggota DPRD tentang produk hukum daerah yang telah mereka tetapkan.
Kemudian fungsi Anggaran. Sadat menyebutkan, ada asumsi yang keliru dari pemahaman fungsi anggaran yang melekat dalam cara berfikir rekan-rekannya di parlemen saat itu. Ia menilai, seolah fungsi ini dimanfaatkan sebagai ruang untuk menghitung berapa jumlah proyek yang bisa didapatkan.
Padahal katanya, fungsi itu semestinya jauh lebih mulia yaitu bagaimana anggota legislatif memastikan bahwa seluruh kebijakan anggaran benar-benar berafiliasi pada pembangunan infrastruktur public yang tidak lepas dari RPJMD sebagai bentuk penjabaran dari Visi dan Misi Pemerintah.
Yang ke tiga katanya , fungsi Pengawasan. Pada fungsi ini, Aleg yang dikenal bersikap jernih ini menilai, fungsi pengawasan lembaga terlihat lemah, karena pengawasan didasarkan pada cara pandang yang bersesuaian dengan kepentingan personal. Banyak hal yang mestinya dikritik tapi justru terbiarkan, termasuk mengawasi diri sendiri untuk tidak bermain-main proyek.
“Kalau kita lihat intensitas perjalanan teman-teman jauh lebih banyak keluar daerah yang biayanya besar tapi miskin asas manfaatnya” ujar Sadat.
Sementara itu, didalam daerah gambaran efektifitas pengawasan jauh lebih sedikit dilakukan rekan-rekannya di legislatif yang asas manfaatnya lebih tinggi dan biayanya lebih murah.
“Itulah hal-hal yang menjadi PR kita bersama kedepannya”, harapnya.
Dimasa sebelumnya Saat Sadat menjabat sebagai Aleg, rasa mumet dengan pola kinerja para legislator seperti itu sehingga, sosok politisi senior yang pada priode sebelumnya merupakan perwakilan Aleg diluar NasDem ini, dengan gentelemen mengambil sikap untuk mengundurkan dari kursi legislatif 2014-2019.
Saat Pileg lalu masa periode 2019-2021 melalui bendera Partai NasDem Bangkep, Sadat kembali mecalonkan diri sebagai wakil rakyat dan meraup kepercayaan masyarakat dengan suara telak di daerah pemilihan (Dapil 2), olehnya itu ia berharap supaya dimasa tugas kali ini, melalui idialisme Aleg yang baru bisa dapat bekerja bergandengan tanggan guna memaksimalkan fungsi kinerja dewan Bangkep yang selama ini dianggap masih mandek.* Rif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here