TNI Kodim 1308/LB Hadiri Peringatan Hari Sumpah Pemuda di Balantak Utara

0
245

BNET. TNI Kodim 13/08 LB menghadiri upacara peringatan Sumpah Pemuda ke 90, Minggu (28/10) di Lapangan Sepak Bola Desa Kampangar Kecamatan Balantak Utara Kabupaten Banggai Sulteng.

Seperti diketahui momentum ini merupakan hal yang istimewa bagi masyarakat setempat karena Pemda Banggai memusatkan kegiatan skala kabupaten itu di wilayah kecamatan tersebut.

Bertindak selaku Inspektur Upacara Bupati Banggai Ir. H. Herwin Yatim, MM serta diikuti oleh organisasi kepemudaan Kab. Banggai, mahasiswa, pelajar, dan Forkopimda serta unsur TNI-Polri.

Kasdim 1308/LB Mayor Inf Red Abner Patambo mewakili Dandim 1308/LB Letkol Inf Nurman Syahreda, SE pada kesempatan tersebut mengatakan,  peringatan Hari Sumpah Pemuda kali ini selaian dilaksanakan upacara bendera, juga dibarengi kegiatan pembukaan Open Ceremony Kemah Pemuda dan Pariwisata oleh Bupati Banggai, yang kemudian ditandai dengan penanaman pohon penghijauan oleh unsur Forkopimda. Olehnya itu, pada momentum Hari Sumpah pemuda ini bertujuan untuk membangun pemuda Indonesia guna menuju Indonesia yang berdaya saing dan bermartabat yang dilandasi dengan karakter yang kokoh, bercirikan semangat patriotik dan berjiwa nasionalis sesuai dengan jati diri yang mengakar serta berwawasan luas.

Disamping itu lanjut Kasdim, peringatan Hari Sumpah Pemuda yang dilaksanakan setiap tahunnya merupakan momentum yang strategis dalam menyatukan pemuda tanpa memandang latar belakang. Untuk itu perlu kerjasama semua pihak dalam mensukseskan kegiatan tersebut, karena katanya, kegiatan yang baik ini diharapkan peran pemuda dalam berkontribusi kepada bangsa, pemuda merupakan tulang punggung bangsa, harapan masa depan bangsa, serta sebagai simbol persatuan bangsa. Karenanya bangsa yang kuat adalah yang generasi mudanya tangguh, berani dan mandiri berjuang demi nusa dan bangsa.

Lebih jauh dikemukakan, persatuan dan kesatuan para pemuda waktu pertama kali diikrarkan sebagai satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa yaitu Indonesia.

Untuk itu sekalipun dengan berbagai perbedaan latar belakang agama, budaya, adat, suku dan bahasa yang berbeda, tidak menjadi halangan bagi para pemuda Indonesia untuk bersatu demi cita-cita besar bangsa Indonesia.

“Oleh karena itu mari kita pererat persatuan dan kesatuan Indonesia, stop segala bentuk perbedaan yang mengarah pada perpecahan bangsa, mari kita mewujudkan kesejahteraan dan keadilan sosial bagi  seluruh rakyat Indonesia”. demikian tandas Mayor Ind Red Abner Patambo.* pr

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here