Toili Jaya Resmi Kecamatan ke 24 di Banggai

TOILI – Kini di Kabupaten Banggai Sulawesi Tengah telah dimekarkan satu kecamatan baru bernama Toili Jaya. Dengan demikian keseluruhanya sudah ada 24 kecamatan di daerah tersebut.
Dataran Toili merupakan sentra transmigrasi terbesar di kabupaten Banggai, dengan lahirnya Toili Jaya praktis telah ada empat kecamatan diwilayah lumbung padi Banggai ini diantaranya, Moilong, Toili, Toili Barat dan yang terbaru yaitu Toili Jaya.
Bupati Banggai Amirudin mengatakan, pembentukan Kecamatan Toili Jaya merupakan sebuah upaya percepatan pemeratan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui pendekatan pelayanan dan pemberdayaan masyarakat, hal tersebut dikemukakan dalam sambutan acara peresmian Toili Jaya Senin (21/8/23).
Lanjut katanya, keberadaan kecamatan ini mendasari lahirnya Peraturan Daerah Kabupaten Banggai nomor 1 tahun 2023 tentang pembentukan Kecamatan Toili Jaya, yang ditetapkan olehnya selaku Bupati Banggai pada tanggal 13 Februari 2023 dan diundangkan oleh Sekretaris Kabupaten pada tanggal 19 Februari 2023, maka secara De Jure Kecamatan Toili Jaya resmi menjadi kecamatan baru, yaitu kecamatan yang ke 24 di Kabupaten Banggai.
Menurut Amirudin, momentum ini merupakan hasil dari sebuah perjalanan yang panjang, dimana mekanisme pembentukan kecamatan saat ini tidaklah semudah seperti tahun- tahun sebelumnya, dimana pembahasannya hanya cukup dilakukan antara Pemerintah Daerah dan DPRD, akan tetapi mekanisme pembentukan sebuah kecamatan kali ini, melalui proses verifikasi administrasi yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi dan Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia yang dilakukan dengan sangat ketat dan selektif.
“Kita laksanakan hari ini, Senin tanggal 21 Agustus 2023, mudah-mudahan ini menjadi pertanda yang baik, karena hari Senin merupakan awal kita beraktivitas melakukan pelayanan kepada masyarakat. Keutamaan hari Senin juga diriwayatkan oleh Imam Muslim, sebagaimana hadist Rasulullah SAW Tuftahu Abwabul Jannati Yaumal Isnaini Wa Yaumal Khamis artinya, sesungguhnya pintu-pintu surga dibuka pada hari senin dan hari kamis”, terangnya.
Dalam kesempatan ini bupati juga mengatakan, goals ini belum berhenti sampai di pembentukan kecamatan saja, akan tetapi kedepannya ada goals yang lebih besar lagi yang akan diraih bersama, maka dari itu semua elemen harus tetap kompak, bersatu, bergandengan tangan, bersinergi dan terus berkolaborasi.
“Saya secara pribadi, keluarga dan pemerintah daerah mengucapkan selamat kepada camat dan seluruh pejabat kecamatan yang baru saja dilantik, ini merupakan awal perjalanan tugas saudara-saudara di Kecamatan Toili Jaya”, tuturnya.
Bagi peletak sejarah awal dimulainya penyelengaraan pemerintahan kecamatan Toili Jaya itu, diharapkan semoga dapat meberikan dedikasi yang terbaik untuk melayani masyarakatnya, demikian orang nomor satu di Kabupaten Banggai ini.
Setelah meresmikan Kecamatan Toili Jaya, Bupati Banggai Amirudin secara langsung meresmikan Sirkuit Wahitama Raceway di Desa Tolisu yang merupakan ibu kota Kecamatan Toili Jaya.* pr/red

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button