Toleransi Beragama di Desa Honbola, Bersama Memeriahkan Idul Fitri

0
64

BNET – Lebaran Idul Fitri sebentar lagi, ragam ekspresi pun dirasakan, tidak hanya oleh kaum Muslimin, tapi juga oleh kalangan non-Muslim yang ikut merasakan kebahagiaan dan kemeriahan Lebaran. Berbagai bentuk kegiatan pun mereka lakukan.

Seperti halnya yang dilakukan masyarakat non muslim di Desa Honbola, Kecamatan Batui, Kabupaten Banggai, dimana pantauan Banggainet.com, di lapangan, desa yang mayoritas warganya beragama kristen itu, nampak pada Senin (3/6), di sepanjang jalan umum telah terpasang umbul umbul, dalam rangka menyambut lebaran Idul fitri 1440 hijria 2019 Masehi.

Kepala Desa Honbola, Rojes Kutondong, pada media ini mengatakan, pemasangan umbul umbul ini sebagai bentuk kebersamaan, namun, bukan hanya sebatas merayakannya, tetapi keindahan itu lebih bermakna saat merasakan suasana kerukunan antar-umat beragama.

“Tentunya hal ini tidak lepas dari upaya kita sebagai pemerintah desa, untuk bagaimana menanamkan sikap menghormat dan menghargai, ditengah tengah masyarakat, sehingga terciptalah sikap saling toleransi tanpa rasa curiga dan sakwasangka antar umat beragama,” kata Rojes.

Tak hanya itu, kata Rojes, bahwa pada saat pelaksanaan Sholat Id nanti, aparat Pemdes Honbola dan sejumlah masyarakat, akan berkolaborasi bersama pihak kepolisian untuk ikut melakukan pengamanan pelaksanaan Sholat Id, khususnya di Kecamatan Batui, dan ini masih kata Rojes, sudah yang kedua kalinya dilakukan sejak masa pemerintahannya.

“lagi-lagi semua ini kami lakukan atas asas kebersamaan yang selama ini kita jalin bersama, olehnya, atas nama Pemerintah dan Masyarakat Desa Honbola mengucapkan selamat merayakan hari raya Idul fitri 1440 H, mohon maaf lahir batin,” Ungkap Rojes.*af

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here