Wabup Banggai dan Dandim 1308/LB Lakukan Pemantauan Dekat Upaya Pemadaman Kebakaran Hutan Nuhon

0
78
BNET – Wakil Bupati Banggai (Wabup) Mustar Labolo dan Dandim 1308/LB, Letkol Inf Nurman Syahreda, SE melakukan peninjauan guna memantau lebih dekat sejauh mana perkembangan dalam upaya mengatasi kebakaran hutan di Kecamatan Nuhon Kabupaten Banggai Provinsi Sulawesi Tengah. Giat tersebut berlangsung, Senin (2/9).
Adapun lokasi berdampak yang dituju yakni, Desa Batu Hitam, Tobelombang dan Bangketa.
Seperti diketahui sebelumnya musibah ini terjadi sejak tanggal 28 Agustus hingga kemarin tanggal 2 September.
Berdasarkan catatan tindak proteksi terkait bencana tersebut bahwa, telah dilakukan upaya pemadaman oleh aparat TNI/Polri dan masyarakat setempat.
Untuk wilayah Desa Tobelombang dan Desa Bangketa, progresnya telah selesai di padamkan.
Sedangkan untuk Desa Batu Hitam, kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di beberapa titik juga sudah dapat di padamkan, akan tetapi sisa-sisa bara api yang tertiup angin kembali menjadi pemicu terjadinya kebakaran lagi sehingga melebar ke arah Desa Balingara Kecamatan Ampana Tete Kabupaten Tojo Una-una (Touna). Secara geografis wilayah desa tersebut nerupakan perbatasan Kabupaten Banggai dan Touna.
Dalam giat kunjunga Wakil Bupati Banggai bersama Dandim 1308/LB tersebut merupakan langkah dan upaya pemadaman secara manual supaya bisa menghalau api agar tidak terus melebar.Tindak proteksi oleh unsur TNI/Polri bersama masyarakat ini dilakukan secara manual dengan bergantian.
Adapun unsur TNI/Polri dan masyarakat yang turun tangan melakukan pemadaman terdiri dari, Personil Makodim 1308/LB  dan Koramil 1308 – 02/Bunta, Polsek Nuhon, BPBD Banggai dan masyarakat yang terkena dampak.
Sedangkan untuk peralatan yang digunakan dalam upaya pemadaman tersebut dengan menggunakan tangki semprot, parang, serta mesin Chainsaw.
Peralatan tersebut digunakan untuk membuat jalur pemisah antara lahan yang terbakar dan yang belum dijangkau api. Cara ini dilakukan sepanjang jalur api sehingga diharapkan tidak terus melebar.
Hingga berita ini diturunkan, upaya pemadaman masih berlangsung dibeberapa titik api, namun masih ada yang tertiup angin sehingga menyulitkan upaya untuk menjinakanya.
Seusai melakukan peninjauan pemadaman api, Wabup Banggai dan Dandim melakukan kegiatan ishoma (Sholat Istisqa / sholat meminta hujan) yang dilaksanakan di Mesjid Desa Balingara Kecamatan Ampana Tete Kabupaten Touna.
Pukul 17.50 Wita, pemadaman kobaran api berhasil dilakukan akan tetapi untuk bara api sampai tadi malam masih ada yang menyala dibeberapa titik, sehingganya aparat TNI masih berjaga di sekitar titik bara api hingga dapat diyakini bahwa benar-benar sudah padam.*pr

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here