Warga Babang Buyangge “Ogah” Dengan Kades Pjs, Minta Secepatnya Harus Ada PAW

0
134

BNET – Warga Desa Babang Boyangge, Kecamatan Kintom, Kabupaten Banggai desak BPD Lakukan Musyawarah Desa (Musdes) untuk Pemilihan Kepala Desa Pergantian Antar Waktu (PAW). Presure ini mendasari aturan Pergantian Antar Waktu (PAW) yang mana tertuang dalam UU Desa No. 6 Tahun 2014. Hal ini dikemukakan Rudi, salah seorang tokoh masyarakat dalam rapat yang diselenggarakan BPD di Kantor Desa Babang Boyangge, Senin (24/6).

Menurutnya, penetapan Pjs itu harus dimusyawarahkan dan transparansi, sebab pergantian Kepala Desa yang sudah berhalangan tetap, itu jelas aturannya.

Sementara Ketua Badan Permusyawaratan Desa Babang Boyangge, Nurdin Lamayu, yang berhasil dimintai keterangannya, membenarkan, bahwa hingga saat ini wilayahnya masih dipimpin oleh kepala desa sementara (Pjs), setelah meninggalnya Kepala Desa Definitif tahun lalu. Olehnya itu warga sudah tidak mau lagi dipimpin lama-lama lagi oleh Pjs Kades sekarang.

Terkait hal itu, Nurdin mengaku, selalu didatangi dan di desak oleh warga untuk segera melakukan pemilihan Kepala Desa Pergantian Antar Waktu (PAW).

“Saya hampir setiap hari didatangi warga yang mempertanyakan hal tersebut. Otomatis dong saya bingung menjawabnya, karena sepengetahuan saya, kades Pjs hingga kini belum mengalokasikan dana untuk PAW dari dana desa, dan ini juga menjadi pertanyaan besar kenapa kades Pjs tidak mengalokasikannya,” terangnya.* apry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here