Warga Padungnyo Harap Pemda Banggai Atasi Banjir Didesanya

0
162
BNET. Desa Padungnyo, Kecamatan Nambo merupakan salah satu wilayah yang sering kali terendam genangan air akibat dari luapan anak sungai disaat musim hujan. Oleh pemerintah desa sendiri belum dapat mengatasi masaalah ini sekalupun sudah penah menganggarkan pendanaan melalui sumber dana desa.
Olehnya pemerintah desa dan masyarakat setempat berharap supaya kedepan ada uluran tangan Pemda Banggai untuk mengalokasikan anggaran APBD sehingga penanganan masaalah ini bisa teratasi dengan maksimal.
“Setiap saat hujan mulai deras, warga yang rumahnya sering terendam banjir mulai panik dan berjaga-jaga,” kata Kepala Desa Padungnyo, Halimah Ineng pada Media ini.
Dikatakan, luapan banjir yang merendam permukiman warga tersebut akibat intensitas hujan yang tinggi, sedangkan drainase dan kolong jembatan tidak mampu menampung debit air.
Kades Halimah menyebut, ada sekitar 10 rumah dan 1 fasilitas kesehatan yang sering terendam banjir akibat hujan deras. Beruntung kata Kades tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, namun genangan air memaksa warga untuk mengevakuasi perabotan rumah mereka.
Pada kesempatan itu, Kades juga mengakui, peristiwa banjir yang sering melanda pemukiman warga adalah salah satu dari pokok permasalahan di desanya yang sampai saat ini belum terselesaikan.
Sekalipun ditahun anggaran 2017 dan 2018, pihaknya telah mengalokasikan dana desa untuk pembangunan talud dan drainase guna mengatasi banjir disaat musim penghujan tiba. Namun, upaya itu belum membuahkan hasil yang memuaskan.
Olehnya itu, Kades Halimah berharap adanya bentuk perhatian Pemerintah Kabupaten atas peristiwa yang sering meresahkan warganya di saat musim penghujan.*af

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here